Home / News / Sports / 328 Pembalap Tanah Air dan Manca Negara Siap Berlaga di Kejuaraan Internasional BMX Banyuwangi

328 Pembalap Tanah Air dan Manca Negara Siap Berlaga di Kejuaraan Internasional BMX Banyuwangi

MCFMBWI.COM, BANYUWANGI – Jelang sehari kejuaraan internasional BMX di Banyuwangi, semua peserta manca negara telah berdatangan ke Banyuwangi. Termasuk dua kandidat jawara, Jimmy Therkelsen (Denmark), dan Takamasa Sampei (Jepang). Takamasa dan tim MAlaysia bahkan telah seminggu berada di Banyuwangi untuk berlatih di lintasan Sirkuit Muncar ini.

International BMX Competition merupakan rangkaian agenda Banyuwangi Festival (B-Fest) 2016 dan terdaftar dalam kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International/UCI). Digelar pada 2 – 3 April mendatang, pada helatannya yang perdana ini setidaknya diikuti 328 peserta dari dalam dan manca negara. Antara lain Swiss, Malaysia, Thailand, Timor Leste, Denmark, Australia, Jepang, dan Swiss.

Takamasa Sampei (24) pembalap BMX asal Jepang mengaku sirkuit Muncar ini cukup menantang dan sekelas dengan sirkuit berkelas internasional lainnya. “Sirkuit BMX di Muncar ini punya banyak obstacle yg menantang dan cukup sulit,” ujar Taka sudah berada di Banyuwangi selama 1 minggu. Taka yg akan turun di kategori Man Elite, datang bersama rekan sesama pembalapnya , Sohta Akaogi.

Takamasa setiap hari menjajal lintasan di Sirkuit Muncar ini. Bersama 3 atlet pelatnas BMX Indonesia, Takamasa selalu berlatih bersama. Tiga atlet andalan Indonesia adalah Elga Kharisma Novanda, Tony Syarifudin dan Rio Akbar.

“Kami latihan bareng terus, termasuk dengan Takamasa Sampei, Rio Akbar dan Elga Kharisma. Dengan berlatih bersama, kami jadi bisa mengukur kemampuan lawan,” ujar Tony Syarifudin, atlet timnas Indonesia asal Solo.

Jumat pagi ini (1/4), sejumlah atlet manca negara direncanakan memulai latihan sebelum kompetisi dimulai. Termasuk Jimmy Therkelsen, pembalap pro BMX asal Denmark. “Dia datang semalam bersama manajernya. Rencananya siang ini akan mulai latihan. Yherkelsen ini bagi para pembalap asing yang turut berlaga di sini dianggap sebagai rival terberat mereka,” ujar Dadang Haries Purnomo, race director kejuaraan internasional ini.

Therkelsen baru saja berlaga di kejuaraan BMX Internasional di Argentina. “Dia belum sempat pulang ke negaranya. Dari Argentina langsung terbang ke Banyuwangi. Antusias sekali ikut kejuaraan ini,” ujar Dadang, yang juga pelatih timnas BMX.

Sementara Indonesia sendiri menurunkan 3 atlet pelatnas yakni Elga Kharisma Novanda, Tony Syarifudin dan Rio Akbar. Ketiganya kompak berlatih serius menghadapi kompetisi Banyuwangi Internasional BMX pada 2-3 April. Khususnya bagi Elga dan Toni kompetisi ini jadi kesempatan untuk mengejar poin tambahan agar bisa lolos ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

“Timnas yang turun di kompetisi ini memang atlet pelatnas yang dipersiapkan untuk mengikuti Olimpiade. Kesempatan bagi mereka untuk menambah poin,” ujar Dadang.

Elga dan Toni menjadi dua atlet BMX yang diharapkan bisa lolos Olimpiade 2016. Di level atlet elite putri dunia, Elga saat ini masih berada di peringkat 37, sedangkan Toni berada di urutan 78

About MC FM

Check Also

PETER POULY

Peter Pouly dari Singha Infinite Cycling Team Kembali Menjuarai ITdBI

MCFMBWI.COM, BANYUWANGI – Dalam ajang International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 ini,  pembalap dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *