Home / News / Tim Kreatif Video Inspiratif KPK datang ke Banyuwangi

Tim Kreatif Video Inspiratif KPK datang ke Banyuwangi

MCFMBWI.COM, Banyuwangi – Kiprah Banyuwangi dalam menerapkan e-Government mendapat perhatian dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penggunaan pelayanan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dinilai menjadi inovasi yang baik dalam upaya meminimalisir korupsi. Oleh karena itu, Banyuwangi terpilih menjadi salah satu kabupaten yang masuk dalam kompilasi video inspiratif KPK.

Video inspiratif itu sendiri merupakan program KPK yang mendokumentasikan beberapa daerah yang memiliki prestasi dalam pencegahan korupsi. Tak banyak daerah yang dipilih oleh KPK.

“Dari hasil survey KPK, ada 6 daerah di Indonesia yang sudah membuat dan melaksanakan tata kelola pemerintahan yang baik, salah satunya Banyuwangi. Untuk itu kami datang untuk meng-capture success story Banyuwangi,” ujar Siti Masriyah Ambara, salah satu anggota tim vendor yang ditunjuk KPK untuk pembuatan video inspiratif tersebut.

Senin sore 18/04/2016, Tim Kreatif Video Inspiratif KPK datang ke Banyuwangi untuk melakukan pengambilan gambar. Mereka datang pertama ke Pemkab Banyuwangi untuk menemui Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Salah satu program Banyuwangi yang cukup menarik perhatian KPK adalah penerapan e-Planing dalam menyusun APBD. Dengan penerapan e-planing ini, dinilai dapat meminimalisir penyimpangan dalam penyusunan APBD.

“Bupati yang pertama kami tuju, agar kami bisa mengupas bagaimana ide-ide di balik gagasan e-planning,” ujar Siti.

Bupati Anas pun langsung menceritakan bagaimana perencanaan dirancang di Banyuwangi dari mulai tingkat desa hingga kabupaten dengan menggunakan instrumen TI.

“E-Planing ini, merupakan inovasi kita dalam menyusun APBD sehingga tidak ada lagi transaksi ketika pengesahannya. Karena ini telah disusun berdasarkan hasil Musrenbang dari desa sampai kecamatan,” ungkap Anas ditengah-tengah pengambilan gambar.

Selain mewawancara Bupati Anas, mereka juga datang untuk mewawancara Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi, Made Cahya Negara.

“Adanya e-planing menjadikan kami anggota DPRD langsung turun ke masyarakat desa saat musrenbangdes. Ini tujuannya mengawal program-pogram yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat daerah pemilihannya,” aku Made kala diwawancara.

Selain itu, KPK juga akan mewawancarai kepala desa dan mengambil gambar salah satu desa di Banyuwangi yang tengah menerapkan program Smart Kampung. Smart kampung adalah pelayanan publik di desa yang menggunakan tekonologi informasi.

Ditambahkan Siti, video tersebut nantinya akan diperbanyak dan dibagikan kepada kepala daerah maupun pemimpin baru lainnya di seluruh Indonesia. Harapannya, dengan video tersebut dapat memberikan inspirasi untuk bersama-sama melakukan tindak pencegahan korupsi.

“Video ini nanti akan disebarkan ke kepala daerah dan pemimpin-pemimpin yang baru untuk menimbulkan inspirasi pada mereka,” ujar salah satu Tim Kreatif KPK tersebut.

About MC FM

Check Also

Bulan Ini, Pabrik Kereta Api Terbesar Se-Indonesia Bakal Dibangun di Banyuwangi

MCFMBWI.COM, BANYUWANGI – Pembangunan industri kereta api terintegrasi berorientasi ekspor di Kabupaten Banyuwangi bakal dimulai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *