Home / News / Banyuwangi Akan Khatamkan Al-Qur’an 3000 Kali Bertajuk Nusantara Banyuwangi Mengaji

Banyuwangi Akan Khatamkan Al-Qur’an 3000 Kali Bertajuk Nusantara Banyuwangi Mengaji

MCFMBWI.COM, IMGT5206Banyuwangi – Banyak cara dilakukan Pemkab Banyuwangi untuk mengungkapkan rasa syukur atas berbagai hasil pembangunan yang telah dicapai. Salah satunya dengan menggelar Khotmil Qur’an 3000 kali pada 7-8 Mei besok. Pengajian khataman Al-Qur’an yang bertajuk Nusantara Banyuwangi Mengaji ini akan digelar secara serentak di seluruh kecamatan se Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, berbagai kemajuan yang telah dicapai oleh Kabupaten Banyuwangi bukan semata hasil kerja keras bersama, namun atas kemudahan yang diberikan oleh Tuhan YME.

“Akhir-akhir ini Banyuwangi mendapatkan berkah yang luar biasa. Banyak kemudahan dan uluran bantuan dari banyak pihak dalam membangun Bnyuwangi. Oleh karena itu, kita akan mengadakan khotmil qur’an serentak sebanyak 3.000 kali sebagai bentuk doa dan syukur kita pada Allah SWT,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat rapat persiapan Nusantara Banyuwangi Mengaji, Senin (2/5).

Direncanakan khataman qur’an tersebut akan dipusatkan di Pendopo Shaba Swagata Blambangan dan tersebar di berbagai kecamatan, kantor SKPD, Puskesmas, Sekolah, dan masjid-masjid desa. Di Pendopo sendiri, pembacaan Al-Qur’an ditargetkan akan khatam sebanyak seribu kali selama dua hari (7-8/4). Dimana, selama dua hari tersebut, akan dihadirkan 1.000 orang penghafal al-quran (hafid/hafidzah).

“Di sini (Pendopo) akan banyak majlis nantinya. Kita targetkan ada seribu penghapal al-qur’an yang akan mengkhatamkan al-Qur’an,” papar Anas.

Ditambahkan Sekretaris Daerah Slamet Kariyono, acara khotmil qur’an dibuka seusai sholat magrib berjamaah pada Sabtu besok (7/5) di Pendopo Shaba Swagata Blambangan sendiri. Acara itu akan berakhir pada malam berikutnya (8/5), dan akan diakhiri dengan doa bersama.

“Seusai sholat magrib berjama’ah, kita sholawatan dan doa bersama. Masyarakat juga bisa berpartisipasi saat doa bersama di penutupan,” ujar Sekda Slamet.

Ditambahkan Slamet, setiap kecamatan akan dijatah sebanyak 50 kali khataman. Yang mana, nanti akan disebar di berbagai masjid di desa-desa. Kantor SKPD dan Instansi akan dikhatamkan sebanyak lima kali. Sedangkan untuk Sekolah Dasar dan SMP cukup sekali dan SMA, SMK, serta UPTD Pendidikan mengkhatamkan sebanyak dua kali.

“Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyuwangi juga siap untuk mensukseskan program khotmil qur’an serentak ini. Kemenag Banyuwangi akan mengkhatamkan al-Qur’an di tiap KUA per kecamatan serta semua lembaga pendidikan di bawah naungan Kemenag Banyuwangi,” pungkas Slamet.

About MC FM

Check Also

Bulan Ini, Pabrik Kereta Api Terbesar Se-Indonesia Bakal Dibangun di Banyuwangi

MCFMBWI.COM, BANYUWANGI – Pembangunan industri kereta api terintegrasi berorientasi ekspor di Kabupaten Banyuwangi bakal dimulai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *