Home / News / Tidak Harus Ke Jember, Bikin Paspor Cukup Di Banyuwangi

Tidak Harus Ke Jember, Bikin Paspor Cukup Di Banyuwangi

ULPMCFMBWI.COM, BANYUWANGI – Sekarang warga Banyuwangi tak perlu jauh-jauh datang ke Jember untuk membuat paspor. Karena pembuatan paspor sudah bisa dilayani di Unit Layanan Paspor (ULP) Kantor Imigrasi Kelas II Jember, di Jl Lingkar Timur, Ketapang, Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi.

“Seringkali masyarakat Banyuwangi terkendala jarak dalam mengurusi paspor. Mereka harus ke Jember terlebih dahulu untuk mengurusnya. Apalagi jarak yang ditempuh cukup jauh. Sekarang, urus paspor cukup di Banyuwangi,” ungkap Kepala Kantor Imigrasi kelas II Jember, Rudiara Rahmat Kosasih.

Rudiara menambahkan, sebagai daerah yang terluas di Jawa Timur, yang dinilai sudah mulai berkembang pesat di sektor ekonomi dan pariwisata, maka keberadaan unit pelayanan ini menjadi fasilitas penting. Unit Layanan Paspor ini bukan hanya sekedar membuat paspor, tetapi juga mendapat kewenangan untuk pemeriksaan warga negara asing dan memberikan izin masuk dan izin tinggal kepada mereka, khususnya yang masuk lewat pelabuhan.

“Apalagi di Banyuwangi tingkat ekonominya cukup signifikan, dan sudah ada bandara Banyuwangi serta sebentar lagi akan ada pelabuhan pesiar dan yacth,” jelasnya

Selain itu, ULP tersebut dibuka di Banyuwangi untuk memberikan pelayanan bagi Tenaga Kerja Indonesia. Akibat pengawasan yang rendah , mengakibatkan banyak buruh migran dari Banyuwangi yang sebenarnya tidak memenuhi syarat, bisa berangkat ke luar negeri.

“Selama ini, banyak TKI yang kerja di luar negeri, pengurusan paspornya di luar daerah. Sehingga pengawasan pada calon TKI tersebut sangat kurang,” ujarnya.

Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiyatmoko saat meresmikan kantor tersebut berharap, ke depannya ULP tersebut bisa menjadi kantor imigrasi tersendiri untuk memberikan pelayanan yang maksimal.

“Meskipun ini unit, tetapi pelayanannya sudah sama dengan kantor,” ujarnya.

Yusuf Widiatmoko berharap, ke depannya unit pelayanan ini bisa berkembang menjadi kantor agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal dan bisa memudahkan masyarakat Banyuwangi dalam mengurus paspor.

“Kami mengucapkan selamat, mudah mudahan bisa berjalan dengan  baik. Sehingga nanti juga bisa melayani warga asing yang masuk ke Banyuwangi. Dan untuk masyarakat Banyuwangi tidak perlu jauh jauh lagi untuk mengurus paspor. Dan cukup sekali datang, tiga hari sudah jadi,” ujarnya.

About MC FM

Check Also

Bulan Ini, Pabrik Kereta Api Terbesar Se-Indonesia Bakal Dibangun di Banyuwangi

MCFMBWI.COM, BANYUWANGI – Pembangunan industri kereta api terintegrasi berorientasi ekspor di Kabupaten Banyuwangi bakal dimulai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *